Thursday, August 20, 2015

Peranan Prangko dalam Pendidikan part 1


Mungkin ada yang belum tahu bahwa orang yang pertama kali menggagas adanya prangko adalah seorang guru atau orang yang berprofesi sebagai pendidik. Itulah mengapa ada kaitan erat antara prangko dengan dunia pendidikan. Mungki pada awalnya Sir Rowland Hill dari Inggris ini sudah membayangkan keterkaitannya.

Ambil secarik prangko dan perhatikan. Gambar yang ada disana selalu terkait dengang suatu peristiwa peristiwa penting atau tokoh tokoh terkenal atau hal- hal mengagumkan lainnya. Baik itu ditingkat daerah , nasional atau internasional. Itulah sebabnya kumpulan prangko bisa menceritakan banyak sejarah dan ilmu  pengetahuan. Kita bisa lihat sejarah suatu negara dari prangko yang diterbitkan disana.  Jadi prangko bukan sekedar alat bukti lunas pembayaran jasa antar barang atau dokumen saja lho.

Prangko memiliki demikian banyak nilai pengetahuan, sejarah,  keindahan dan pastinya nilai ekonomis. Jangan dikira tidak ada prangko yang nilai jualnya tinggi. Banyak. Tapi satu yang cukup penting disini adalah nilai sebuah prangko sebagai media ajar atau media pembelajaran yang bisa diperoleh diseluruh negeri.

Prangko bisa dimanfaatkan untuk sarana promosi  dan sosialisasi atas suatu peristiwa, benda bersejarah, hari hari besar suatu bangsa, binatang atau tumbuhan  langka dan pengetahuan lain yang amat penting bagi umat manusia.
Dengan mengoleksi prangko, ada efek samping yang sangat baik untuk peserta didik atau anak anak kita. Dengan mengumpulkan prangko minimal pengoleksi prangko atau filatelis ini akan mendapat pendidikan yang akan membentuk mereka menjadi pribadi yang berkualitas , teliti, tekun dan sabar. Karena menggumpulkan prangko harus dilakukan dalam jangka waktu lama dan disimpan dalam kondisi tertentu. Tidak bisa sembarangan.

Watak yang disiplin dan jujur juga akan terbentuk dari pengoleksian carik kertas berharga ini. Sikap yang paling penting disini adalah keingintahuan  untuk menambah ilmu pengetahuan. Jika melihat gambar  pada prangko dan tidak tahu itu gambar apa, maka filatelis akan mencoba mencari tahu.


Pada akhirnya nanti sikap sikap diatas akan mampu menciptakan seseorang yang berkualitas yang  bermanfaat untuk keluarga , lingkungan dan negaranya. 

2 comments:

  1. Jadi inget dulu suka banget ngoleksi perangko. Sekarang malah hampir ngga pernah liat. Adanya malah perangko (stamp) hypermart sama Alfamart yang bisa dituker hadiah itu :-D

    ReplyDelete