Friday, May 15, 2015

Keuntungan Menggunakan Open Source dalam Perusahaan dan Instansi Pemerintah.


Penggunaan Open Source di Indonesia memang belum bisa dikatakan bagus, namun beberapa waktu ini sudah menunjukkan kemajuan yang cukup menggembirakan. Beberapa institusi pendidikan sudah memasukkan beberapa softaware open source dalam bahan ajar mereka. Beberapa lagi sudah menggunakan open source untuk membantu proses komputerisasi di organisasi mereka. Bahkan beberapa instansi pemerintahan sudah mulai menggunakan open source. Namun kebanyakan masih dalam tahap pikir-pikir. Hehehehe.

Padahal banyak keuntungan yang bakal dinikmati jika institusi pendidikan atau perusahaan atau instansi pemerintah jika  menggunakan open source dalam ber-komputer. Berikut beberapa keuntungan penggunaan open source yang sempat disarikan dari beberapa perbintangan penulis dengan para pengguna open source di perusahaan swasta dan instansi pemerintahan.

Fleksibilitas dan kelincahan

Pemimpin harus memberikan fleksibilitas dan kelincahan untuk perusahaan mereka secara fundamental. Jika tidak dapat bersaing pada kelincahan, perusahaan / instansi pemerintah akan tertinggal oleh persaingan. Open source menawarkankan kelincahan teknologi, biasanya menawarkan beberapa cara untuk memecahkan masalah. Open source membantu menjaga perusahaan / instansi pemerintah dari kemungkinan jalan buntu / deadlock karena keterbatasan vendor. Daripada menunggu vendor untuk memberikan kemampuan itu, perusahaan / instansi pemerintah dapat membuat sendiri.Misal kita butuh suatu perangkat lunak khusus, kita harus membeli dari vendor. Dengan penggunakan open source sangat dimungkinkan membuat sendiri.

Kecepatan

Open source memungkinkan kecepatan. Sebuah keuntungan besar dari open source adalah kemampuan untuk memahami kebutuhan masyarakat, memulai, memahami apakah mereka dapat memecahkan masalah bisnis itu, dan mulai memberikan nilai segera. Hal ini memungkinkan kita untuk mendapatkan yang terbaik dari open source untuk memulai dengan cepat dan murah. Sering kali kebutuhan satu perusahaan sudah ada perangkat lunak open source-nya. Kita tidak perlu menunggu pesan software dulu, bayar dan pakai. Kita bisa cari di internet dan langsung pakai.

Efektifitas Biaya

Open source umumnya jauh lebih hemat biaya daripada software proprietary. Disamping itu, keunggulan open source agak kemampaun untuk memulai komputerisasi dalam skala yang kecil, namun bisa dibesarkan sejalan dengan skala perusahaan / instansi tersebut. Hal ini mengingat bahwa perusahaan atau instansi pemerintahan sering terkendalan dengan besarnya anggaran. Hal ini menjadi salah satu keunggulan open source.
Dengan open source, Anda dapat memulai dari yang kecil dan cepat, dan kemudian bermigrasi ke solusi besar yang didukung sebagai kebutuhan bisnis kita saat perusahaan / instansi pemerintah mempunyai visi dan misi yang lebih besar. Kita memiliki pilihan untuk mencoba berbagai alternatif, memilih salah satu yang paling cocok dan berfungsi baik, dan kemudian meningkatkan dengan sesuatu yang lebih besar.

Keamanan yang Cukup Menjanjikan

Produk open source memiliki catatan keamanan informasi yang solid di dunia maya. Memang, tidak ada yang menjamin tidak ada serangan atau virus dalam dunia open source, tapi selama ini membuktikan bahwa jarang sekali produk open source yang dibiarkan kolaps karena serangan dan virus. Jelas, sulit untuk mengklaim keunggulan keamanan untuk solusi apapun, tapi respon dari komunitas open source dan vendor relatif terhadap masalah keamanan informasi sudah sangat baik. Kemampuan produk open source dalam menghadapi serangan dan virus cukup baik. Jarang sekali kita mendengar mereka yang memakai open source terkendala open source.

2 comments:

  1. memang open source ini sebenarnya lebih efisien untuk perusahaan...

    mampir gan: www.manganopo.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. setuju mas bro ... tadi sudah mampir ke blog panjenengan

    ReplyDelete