Monday, May 18, 2015

Serat Optik Mendukung Pembangunan Bangsa Wilayah Timur




Pembangunan menyangkut banyak aspek. Banyak pula hal –hal yang mampu mendorong keberhasilan sebuah usaha pembangunan. Salah satu yang penting harus kita perhatikan adalah pembangunan infrastruktur informasi. Infrastruktur informasi semakin memperlihatkan arti pentingya di era digital saat ini. Siapa sih yang bisa bilang bahwa informasi tidak penting dewasa ini.

 
Kalau kita berbicara mengenai infrastruktur informasi tentunya akan segera mengerucut ke infrastruktur telekomunikasi sebagai tulang punggung keterkoneksian. Salah satu yang perkembangannya cukup pesat adalah infrastruktur serat optik atau fiber optic. 





Apa sih Serat Optik itu? Berdasarkan definisi dari wikipedia, serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

Dalam penggunaan serat optik ini, terdapat beberapa keuntungan antara lain lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik dan menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan. Kelebihan lain , biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah serta tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Disamping itu, dengan menggunakan serat optik, kita dapat hemat pemakaian ruang karena serat optik cukup kecil dan ringan. Yang tak kalah penting, kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio menjadi salah satu alasan memilih infrastruktur ini. Kelebihan terakhir adalah sifat serat optik yang  Non-Penghantar, tidak ada tenaga listrik dan percikan api , dan yang jelas serat optik tidak mungkin berkarat.

Penerapan yang langsung bisa diamati adalah pembangunan Sistem Jaringan Tulang Punggung Pita Lebar Serat Optik Sulawesi – Maluku – Papua atau yang sering disingkat dengan SMPCS.  Pembangunan Jaringan Serat Optik ini melengkapi pembangunan infrastruktur yang lain seperti jalan, rel kereta api, jembatan, pelabuhan , dan irigasi.

SMPCS ini sendiri diarahkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia bagian timur. Dengan adanya gabungan antara jalan, rel kereta api, jembatan, pelabuhan , irigasi, dan serat optik diprediksikan mampu membuat semua barang dan jasa di daerah tersebut menjadi semakin murah dan pada akhirnya mempertinggi kesejahteraan rakyat setempat. 

Kawasan timur selama ini terkenal dengan kekayaan sumber daya alam, energi dan minyak bumi. Diharapkan hasil akhirnya berupa kenaikan kesejahteraan bangsa secara keseluruhan dan pemerataan ekonomi yang semakin bagus.

Referensi :
id(dot)wikipedia(dot) org/wiki/Serat_optik
potongan berita Harian Kompas

No comments:

Post a Comment